PENGERTIAN BATU ALAM UKIR PARAS JOGJA

SENI UKIR BATU ALAM PARAS JOGJA



Apa Sih Seni Ukir Batu Alam Itu ?

Dalam Bahasa Indonesia kata ukir berarti pahatan , sedangkan batu alam merupakan sumber daya dari alam berupa batu yang digunakan sebagai media pahatan. Pekerjaan ini dilakukan dengan memahat bagian bahan yang tidak di perlukan dan mengukir dengan batu atau marmer , demi memperoleh bentuk yang di inginkan serta membentuk ornamen sesuai dengan gagasan sang seniman sehingga menimbulkan bentuk artistik dalam ukiran tersebut.
Karya seni ukir merupakan karya seni estetika ( unsur keindahan ) yang dapat langsung dilihat, dinikmati oleh semua orang, baik dari segi wujud desainnya maupun teknik yang digunakan.

Seni ukir dapat dibuat dengan berbagai macam media / bahan , di antaranya seperti  kayu, tulang, batu, logam, bahkan buah. Untuk pemilihan bahan bahan yang di gunakan dalam pembuatan seni ukir tergantung dari tujuan di buatnya seni ukir tersebut.


Lalu Apa Itu Paras Jogja ?

Batu Paras Putih adalah jenis batuan sedimen atau batuan endapan yang merupakan hasil proses sedimentasi lapisan tanah dan zat kimia yang di hanyutkan oleh air. Batu paras putih banyak ditemukan di daerah dengan lapisan tanah kapur seperti di Wonosari Yogyakarta. Keunikan Batu Paras putih adalah warna putih saljunya sehingga sangat diminati oleh banyak kalangan seni ukir.


Berikut ini gambar Batu paras Jogja.





Batu paras putih ini sendiri juga banyak digunakan oleh para pengrajin seni ukir untuk pembuatan  loster, relief, tempat lampu, patung, souvernir, dll.


LOSTER
LAMPION
RELIEF
PATUNG
ORNAMEN
POT BATU PARAS